Follow Us.....!!

Sangeh Monkey Forest Bali



 
 
Taman wisata ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang berminat untuk datang ke tempat wisata yang berbeda. Sangeh termasuk lokasi wisata yang mudah sekali dicapai karena hanya terletak sekitar 20 km saja dari Denpasar. Siapapun yang belum pernah ke Sangeh perlu mencoba nuansa lokasi wisata yang baru dengan mengunjunginya…..






Lokasi dan Daya Tarik Wisata 

Sangeh terletak 20 km di sebelah utara Denpasar, di seberang jalan menuju Pelaga. Selain kera, daya tarik dari objek wisata ini adalah pura yang terletak di tengah pohon pala yang disebut dengan Pura Bukit Sari. Hutan pohon pala merupakan areal suci pura yang dikeramatkan oleh masyarakat Desa Adat Sangeh. 

Pesona Hutan

 Salah satu pesona yang diberikan oleh Taman Wisata Alam Sangeh adalah wisata hutan yang didalamnya banyak sekali dihuni oleh ratusan ekor kera. Yang mengesankan yakni dahulu kera-kera di Sangeh terkenal sangat jahil sekali dengan mengambil tas atau barang bawaan lain para pengunjung. Tas atau barang bawaan tersebut akan dikembalikan oleh kera-kera itu kalau para pengunjung memberikan sepotong makanan yang disukainya seperti pisang, kacang-kacangan, dsb. Walau jahil tetep lucu pastinya…

 
Kera Sangeh juga memiliki beberapa kelompok yang masing-masing kelompok memiliki satu pemimpin. Namun kelompok-kelompok tersebut memiliki pimpinan teringgi atau bisa dibilang raja dari seluruh raja kera yang ada di Sangeh. Pemimpin tertinggi ini berdiam ditempat yang paling luas di. Ditempat raja kera ini tinggal terdapat sebuah Pura yang sangat terkenal kesakralannya yaitu Pura Bulit Sari.

 Seperti manusia ketika hendak memilih calon pemimpinnya, kera-kera itu juga menetapkan kera yang dipilih yang dianggap memiliki kharisma dan kekuatan yang diatas rata-rata. Para pemimpin ini memiliki hak-hak yang melebihi kera lainnya terutama dalam mengawini kera betina atau dalam jatah makanan. Biasanya kera yang dituakan atau dianggap rajanya kera akan diberikan kesempatan untuk mendapatkan makanan sampai puas, baru setelah puas sisanya diberikan kepada kera lainnya.
Menurut pengelola Taman Wisata ini, Hutan Wisata Sangeh dibuat sebagai taman dari kerajaan Mengwi. Agar terlihat cantik taman ini ditanami pohon pala yang khusus didatangkan dari Gunung Agung. Sebenarnya rencana pembuatan taman ini sangat dirahasikan namun akhirnya pembuatan taman ini diketahui oleh beberapa orang, akibatnya pembuatan taman itu dihentikan, hingga akhirnya kawasan itu diberi nama Sangeh, yang artingya ada orang yang melihat.


Terus , kapan Anda akan berkunjung ke Taman Wisata Alam Sangeh…? 


  Selamat Berkunjung..!!



















0 komentar:

Posting Komentar

coment my blog...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More