Follow Us.....!!

Pura Goa Lawah Bali


Pura Goa Lawah Bali
            Pura Goa Lawah adalah salah satu pura yang dianggap paling sakral di Bali, letaknya di desa Pesinggahan, Klungkung.
Pura ini dinamakan Pura Goa Lawah karena di dalamnya terdapat sebuah gua alam besar yang dihuni oleh ribuan kelelawar menjelang malam. Bagi masyarakat Hindu Bali, pura Goa Lawah termasuk sebagai Kahyangan Jagad atau Sad Kahyangan. Pemandangan yang diberikan objek wisata ini cukup menarik, karena pengunjung bisa melihat pura berjajar tepat di mulut goa.



 
 Namun dari  sisi agama, keberadaan kelelawar itu tak ada hubungannya dengan apa yang dipuja masyarakat Hindu di Bali. Dalam keyakinan masyarakat Bali, Pura Goa Lawah adalah tempat beristananya Tuhan dalam manifestasi sebagai Dewa Laut yaitu Dewa Wisnu yang menjelma menjadi sebagai naga Basuki. Dewa Iswara menjadi naga Taksaka.
Sebagian kepala naga Basuki tercelup ke laut untuk menggerakan samudera agar menguap menjadi mendung. Nah, kepala naga Basuki ini kemudian disimbolkan dengan Pura Goa Lawah. Sedangkan ekornya yang menjuntai menjelma menjadi hutan yang sangat lebat. Oleh masyarakat  Bali, daerah yang dianggap sebagai ujung ekor naga Basuki didirikan Pura Goa Raja {salah satu pura dalam kompleks Pura Besakih}. Sebagian masyarakat Bali percaya bahwa pada zaman dulu gua di Pura Goa Raja tembus di Pura Goa Lawah. Di luar mitologi tersebut, sumber-sumber kuno mengatakan bahwa Pura Goa Lawah dibangun atas inisiatif  Mpu Kuturan pada abad ke XI dan dipugar untuk diperluas pada abad ke XV. Satu di antara sekian kepercayaan umat Hindu di Bali mengatakan bahwa arwah orang yang meninggal harus disucikan melalui serangkaian upacara. Dalam upacara tersebut umat melakukan upacara Nyegara- Gunung sebagai penutup. Mereka akan menyucikan sang arwah di laut {Pura Goa Lawah } lalu menyemayamkanya di gunung {Pura Besakih}.
Bat Cave Temple
Selain memberikan pengalaman pariwisata yang unik dan bersejarah, pengunjung bisa mencoba berwisata kuliner di sekitar pura Goa Lawah. Ada beberapa warung yang menyediakan makanan khas Bali dan warung seafood yang menyediakan sate dan ikan bakar serta  menikmati kelapa muda di pinggir pantai, setelah berkunjung ke pura ini.  Asyik bukan?

1 komentar:

Bingung mencari kendaraan?
Bingung menyewa kendaraan dimana?
Bingung mencari harga yang pas?
Share Trans solusinya.
Share Trans merupakan jasa penyewaan mobil online yang menghubungkan calon penyewa mobil dengan Rent Car atau Owner yang menyediakan kendaraan
Kontak Info 087865097776/08990151556 atau cek di website kami www.sharetrans.id

Posting Komentar

coment my blog...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More